Heboh Ikan Patin Raksasa Di Sungai Cisadane

Heboh Ikan Patin Raksasa Di Sungai Cisadane [ www.Up2Det.com ]

- Muhammad Suhanis (63), warga kota Tangerang ketiban rejeki. Ikan yang tersangkut di kail pancingnya bukan ikan biasa, tapi patin raksasa sepanjang 1 meter.

Patin superjumbo, yang ukurannya bahkan lebih besar dari tubuh anak-anak, itu ia dapatkan saat memancing di Sungai Cisadane, Tangerang. Di belakang mushola.

Suhanis menceritakaan, alat pancing yang ia gunakan saat memancing ikan raksasa itu sangat sederhana, tak ada yang istimewa. Dengan alat itu ia hanya berharap mendapat ikan sedang untuk dijual atau digoreng untuk lauk makan.

"Saya kaget karena tarikan benang pancing berat sekali," kata dia, Kamis 24 Mei 2012.

Awalnya ia khawatir, bukan ikan yang tersangkut di kailnya, tapi jasad manusia yang kemungkinan terseret arus. "Saya khawatir itu bukan ikan karena seperti manusia," ucapnya dengan nada tidak percaya.

Saat dipastikan itu adalah ikan, Suhanis mencoba menyeretnya ke tepian sendirian. Tapi gagal, ikan itu terlalu berat.

Butuh tiga orang dan makan waktu 30 menit untuk menepikan ikan yang mencapai panjang 1 meter dan berat sekitar 47 kilogram tersebut. "Sekitar setengah jam untuk menariknya ke pinggir sungai, dengan dibantu beberapa orang teman saya," kata dia.Untuk Suhanis, ikan patin tersebut merupakan tangkapan yang paling besar selama bertahun-tahun memancing di Cisadane. Rekor tertingginya. "Usai ditepikan ikan raksasa itu saya ikat dengan tambang, untuk diangkat bersama teman saya," terangnya.

Rencananya ikan patin tersebut akan dijual untuk membeli alat pancing yang hampir putus, gara-gara diamuk ikan raksasa tersebut.

Kabar penangkapan ikan patin raksasa menggegerkan warga. Orang-orang yang penasaran mendatangi Sungai Cisadane untuk melihat dari jarak dekat.

Bukan kali ini saja ikan patin raksasa ditangkap di perairan Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2008, patin aksasa seberat 43 kg dengan panjang sekitar 1,3 meter berhasil ditangkap nelayan di Sungai Musi. Patin itu berhasil dijual dengan harga Rp2,3 juta.

Untuk diketahui, Patin masuk dalam kelompok ikan berkumis (Siluriformes) dan bernama Latin, Pangasius hypothalmus. Ikan patin berukuran besar biasanya ditemukan di Sungai Mekhong, yang ukurannya bisa mencapai panjang dua meter lebih.



Sumber / Source

Arsip Blog