Tips Berbuka Puasa Yang Benar

Tips Berbuka Puasa Yang Benar [ www.Up2Det.com ]

Tips Berbuka Puasa Yang Benar. Berbuka puasa bukanlah waktu untuk berbalas dendam. Balas dendam setelah seharian tidak makan, bukanlah sesuatu yang dibenarkan.

Karena itu marilah kita ketahui bagaimana sih tips berbuaka puasa yang benar sehingga saat kita pada waktu shalat tarawih, kita tidak memiliki kendala ntuk menjalankannya.

Agar tubuh Anda dan keluarga tetap fit dan sehat saat berpuasa, maka belajarlah cara buka puasa yang baik dan benar. Dengan demikian, puasa kali ini tidak akan terlewatkan karena sakit.

Ada sebagian orang telah melakukan kesalahan saat berbuka puasa. Rasa lapar karena puasa sering dilampiaskan saat berbuka puasa. Padahal berbuka puasa tidak boleh banyak dan tidak terlalu terburu-buru. Cara tersebut salah karena bisa membuat sistem pencernaan terganggu.

Berikut Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar:
  1. Makanan/Minuman manis Setelah selesai berdoa, awalilah dengan memakan atau meminum yang manis. Makanan yang mengandung gula sangat bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dan juga mencegah asam lambung. Meskipun dianjurkan, konsumsi secukupnya saja agar makanan lain bisa masuk dalam perut.
  2. Jangan langsung minum air dingin (es) Berbuka dengan minuman yang dingin hanya akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Karena air dingin akan membuat asam lambung meningkat. Disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat.
  3. Istirahat sebentar Setelah meminum takjil (manisan), sebaiknya jangan langsung makan nasi atau yang lainnya. Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri. Selama waktu istirahat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu barulah setelahnya makan nasi dan hidangan lainnya.
  4. Jangan makan terlalu banyak Meski perut terasa lapar, tetap berbukalah dengan cara perlahan dan tidak berlebihan. Makanlah makanan secukupnya agar tidak kekenyangan dan perut bisa lebih santai dalam mencerna makanan. Ini juga akan menghindari rasa kantuk saat shalat Isya. Jika lapar lagi, Anda bisa makan sehabis shalat Tarawih.
  5. Jangan tidur terlalu malam Setelah berbuka puasa dan shalat Tarawih, sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Tubuh butuh waktu yang cukup untuk tidur. Apalagi pada dini hari nanti, Anda akan kembali bangun untuk makan sahur.
Itulah Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar. Jika ingin tubuh tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan, maka ikutilah cara itu dengan baik. Makanlah secukupnya saat berbuka puasa agar saat menjalankan ibadah, tubuh tidak terasa mengantuk.

Sumber / Source

Arsip Blog