Peluang Usaha Bisnis Buka Cucian Motor



Jika kita lihat sekarang ini susuahnya mencari kerja, tak jauh beda dengan membuka usaha itu sendiri, namun sebagaian besar orang masih tetap berorientasi untuk mencari kerja dari pada menciptakan pekerjaan itu sendiri, dan masih minimnya para wirausahawan yang membuka peluang usaha. Sebenarnya terdapat banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita bidik, hanya butuh keberanian dan manajemen yang bagus untuk mengelolanya.

Salah satu peluang usaha tersebut yaitu bisnis cuci motor. Bisnis cuci motor bisa di bilang minim budget atau modal kecil, dan tak perlu pengelolaan yang rumit dalam menangani usaha ini. Tapi tetap saja butuh keterampilan dan keseriuasan dalam bisnis cuci motor, berikut ini adalah beberapa keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam memulai dan mengelola usaha yang menjanjikan ini:

  1. Pertama adalah masalah standar kebersihan sepeda motor dan cara membersihkannya, baik dalam menyikat, menyabun, pembilasan sampai proses pengeringan motor tersebut.
  2. Cara pakai steam motor, pastikan mengetahui besaran tekanan dalam meyemprotkan air baik ke body motor, ban dan mesin kendaraan bermotor. Jangan sampai karena ketidaktahuan atau kecerobaan, mesin motor malah rusak atau mati karena terkena air.
  3. Melakukan pembukuan sederhana, meliputi pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pemasukan harian.
  4. Memilih tenaga kerja yang tepat.


Tidak terhitung lagi jumlah dari keberadaan steam atau cuci motor ini, hal itu sejalan dengan terus meningkatknya jumlah kendaraan roda dua dan menjadikan peluang usaha cuci motor ini sangat laris manis, terutama bagi mereka yang baru terjun di dunia wirasusaha. Meski terhitung peluang bisnis yang sangat potensial, peluang usaha cuci motor ini tetap butuh pengaturan dan keterampilan dalam pengelolaan.

Agar bisa mendapatkan pelanggan tetap dan semakin ramai. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuka usaha cuci motor ini adalah:

Pelayanan, karena usaha cuci motor ini merupakan bisnis dalam bentuk jasa, maka pelayanan dengan hasil yang memuaskan adalah dasar dan rujukan yang utama, jika perlu adakanlah bonus-bonus untuk para pelanggan misalnya cuci 8 kali bonus sekali cuci gratis, dan lain sebagainya.

Menentukan lokasi, pilihlah lokasi yang tak jauh dari perumahan dimana motor banyak terdapat, ataupun di pinggir jalan dimana terdapat banyak lalu lalang sepeda motor, lokasi yang strategis akan lebih menguntungkan dari segi konsumen.

Pengatahuan dan keterampilan, tempatkanlah pegawai anda sesaui dengan keahliannya, untuk hal ini adalah orang-orang yang mencuci motor, pastikan pengetahuan mereka tentang mencuci motor, misalnya saja cara menggunakan tekanan air yang di butuhkan, penggunaan shampoo, saat pembilasan hingga bagian pengeringan.

Hal yang terpenting yaitu usahakan dan katakana kepada pegawai anda jangan terlalu mengaharapkan tips kepada konsumen atau pelanggan, seringkali konsumen meresa kesal karena hal ini. Jika konsumen merasa puas dengan hasil kerja baik dari hasil maupun pelayanan maka pelanggan akan datang dengan sendirinya. Selamat mencoba.

Arsip Blog